Jumat, 27 Maret 2015

Positioning dan Marketing Mix Part I

Resume Pertemuan Ke-6
Resume Pertemuan Keenam mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Pada Hari Selasa, 24 Maret 2015 oleh Dosen Amril Muhammad, SE, M.Pd dengan membahas tentang Positioning dan Marketing Mix Part I

Positioning adalah proses membedakan produk jasa dibandingkan dengan pesaing, terkait dengan apa yang akan dilakukan terhadap pikiran dan keinginan konsumen
Tiga langkah positioning:
1.      Mengenali keunggulan yang mungkin dapat ditampilkan
2.      Memilih keunggulan yang paling kuat
3.      Menyampaikan keunggulan secara efektif kepada target pasar
Kesalahan positioning:
-          Underpositioning: konsumen tidak mengenal keunggulan produk
-          Overpositioning: konsumen punya gambaran minimal keunggulan produk
-          Confused positioning: konsumen tidak merasa pasti, banyak janji
-          Doubtful positioning: ada keraguan konsumen terhadap kualitas produk

Marketing mix
Adalah Alat yang bisa digunakan dalam sebuah bisnis untuk melihat peningkatan reaksi, kurang lebih melihat bagaimana hubungan/keterkaitan antara sasaran dengan target market, atau melihat apakah sasarannya sudah pas atau belum.
Pada awalnya empat komponen dalam Marketing Mix yang kemudian berkembang untuk industry jasa, menjadi 7 komponen, yaitu:
1.      Product
2.      Price
3.      Place
4.      Promotion
5.      People
6.      Process
7.      Physical Environment 

1.     Product/produk
Produk adalah item yang sebenarnya akan dibeli konsumen, termasuk kemasan gambar, garansi dan pelayanan jasa produk dikemas --> diperkenalkan versi baru.
Bagian dari produk dapat berupa: 
a. Design: desain produknya kaya apa 
b. Technology: teknologi apa yang digunakan
c. Usefulness: bagaimana kebermanfaatannya
d. Convenienc: kenyamanan produk
e. Value: nilai tambah pada produk
f. Quality: kualitas (relatif bagi tiap-tiap orang)
g. Packaging: kemasan
h. Branding: merek, produk yang menggambarkan kepribadian, memperkenalkan dengan logo, kemasan, periklanan dan fitur lain. Percaya bahwa ada garansi dari kualitas. Beberapa brand mememiliki ‘snob value’ atau nilai kebanggan 
i. Accessories: sesuatu yang mendukung, yang melengkapi
j. warranties: garansi

Metode yang digunakan untuk bagaimana meningkatkan dan membedakan produk dan menaikkan penjualan atau target penjualan lebih efektif, antara lain:
a.       Strategi keawetan terhadap produk (Extension Strategies): lebih lama/awet. A business wishing to extend the life of a product which has reached maturity or is in decline can
b.      Spesialisasi versi
c.       Edisi terbaru
d.      Perbaikan yang nyata: peningkatan luas besarannya
e.       Perubahan kemasan: kemasan yang berubah/berbeda
f.       Teknologi, dsb. 

Extension Strategies
Bisnis yang ingin memperpanjang umur produk yang telah mencapai kematangan atau penurunan dapat mengubah satu atau lebih dari bauran pemasaran dengan mengubah
Produk: mengubah Kemasan memperkenalkan versi baru
Harga: mengurangi harga untuk menarik konsumen
Promosi: memperkenalkan kampanye iklan baru
Tempat: perubahan tempat mana produk itu dapat dibeli, seperi online
Branding/merek
-         produk yang menggambarkan kepribadian,
-         memperkenalkan dengan logo, kemasan, periklanan dan fitur lain.
-         Percaya bahwa ada garansi dari kualitas.
-         Beberapa brand mememiliki ‘snob value’ atau nilai kebanggan 
-         Biasanya lebih mahal
Brand loyalty
Beberapa pelanggan setia kepada merek tertentu. Mereka akan membeli merek lagi dan lagi serta membeli juga produk-produk lain yang terkait.
-          Fairi washing up liquid
-          Fairy washing powder
-          Fairy dishwasher powder
produk hanya dijual ditempat tempat tertentu, untuk membangun brand pada diri konsumen karna tidak dijual disembarang  tempat. Seeprti minuman dijual ditempat-tempat rekreasi

2.     Price/Harga
Merupakan sejumlah nilai tertentu yang dipersiapkan untuk membayar produk atau layanan. mengurangi harga untuk menarik pelanggan -> memperkenalkan versi baru.
Bagaimana harga yg bagus untuk sebuah produk? Menentukan harga yang tepat merupakan bagian yang sangat penting bagi marketing mix.
Berapa banyak biaya yang akan dibayar tergantung pada:
-         Berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk membuat produk
-         Berapa banyak pesaing
-         Meskipun anda sedang mencoba/menguji produk baru
-         Image apa yang akan ditimbulkan/dibangun untuk produk anda.
Pengambilan keputusan 
-         Apabila ingin menyerang pasar maka strateginya adalah harga yang murah. Tetapi dengan pertimbangan barang yang dikeluarkan harus banyak 
-         Harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda 
-         Harga tinggi bisa ditawarkan jika produk anda terlihat lebih baik disbanding pesaing anda.
Teknik pemberian harga
-         Time based : Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memproduksi 
-         Cost plus: berapa laba yang diharapkan 
-         Start up penetration pracing: Jika barang baru, bagaimana bisa melakukan penetrasi 
-         Of the top or price skimming: barang yang asiknya cuma sementara, 2-3 hari. 
-         Destroyer: membeli produk dengan harga yang sangat murah 
-         Market-oriented: siapa yang menjadi sasaran pasar membeli produk dengan harga yang sama dengan kompetitor




Tidak ada komentar:

Posting Komentar