Resume Pertemuan Ke-6
Resume Pertemuan Keenam mata kuliah Manajemen
Pemasaran Jasa Pendidikan Pada Hari Selasa, 24 Maret 2015 oleh Dosen Amril
Muhammad, SE, M.Pd dengan membahas tentang Positioning dan Marketing Mix Part I
Positioning adalah proses membedakan produk jasa dibandingkan dengan
pesaing, terkait dengan apa yang akan dilakukan terhadap pikiran dan keinginan
konsumen
Tiga langkah positioning:
1. Mengenali keunggulan yang mungkin dapat
ditampilkan
2. Memilih keunggulan yang paling kuat
3. Menyampaikan keunggulan secara efektif kepada
target pasar
Kesalahan positioning:
-
Underpositioning:
konsumen tidak mengenal keunggulan produk
-
Overpositioning:
konsumen punya gambaran minimal keunggulan produk
-
Confused
positioning: konsumen tidak merasa pasti, banyak janji
-
Doubtful
positioning: ada keraguan konsumen terhadap kualitas produk
Marketing mix
Adalah Alat yang bisa digunakan dalam sebuah bisnis untuk melihat
peningkatan reaksi, kurang lebih melihat bagaimana hubungan/keterkaitan antara sasaran
dengan target market, atau melihat apakah sasarannya sudah pas atau belum.
Pada awalnya empat komponen dalam Marketing Mix yang kemudian berkembang
untuk industry jasa, menjadi 7 komponen, yaitu:
1. Product
2. Price
3. Place
4. Promotion
5. People
6. Process
7. Physical Environment
1.
Product/produk
Produk adalah item yang
sebenarnya akan dibeli konsumen, termasuk kemasan gambar, garansi dan
pelayanan jasa produk dikemas --> diperkenalkan versi baru.
Bagian dari produk dapat berupa:
a. Design: desain produknya kaya apa
b. Technology: teknologi apa yang digunakan
c. Usefulness: bagaimana
kebermanfaatannya
d. Convenienc: kenyamanan produk
e. Value: nilai tambah pada produk
f. Quality: kualitas (relatif bagi tiap-tiap
orang)
g. Packaging: kemasan
h. Branding: merek, produk yang menggambarkan kepribadian, memperkenalkan dengan logo, kemasan, periklanan dan fitur lain. Percaya bahwa ada garansi dari kualitas. Beberapa brand mememiliki ‘snob value’ atau nilai kebanggan
h. Branding: merek, produk yang menggambarkan kepribadian, memperkenalkan dengan logo, kemasan, periklanan dan fitur lain. Percaya bahwa ada garansi dari kualitas. Beberapa brand mememiliki ‘snob value’ atau nilai kebanggan
i. Accessories: sesuatu yang mendukung, yang
melengkapi
j. warranties: garansi
Metode yang digunakan untuk bagaimana
meningkatkan dan membedakan produk dan menaikkan penjualan atau target
penjualan lebih efektif, antara lain:
a.
Strategi keawetan terhadap produk (Extension
Strategies): lebih lama/awet. A business wishing to extend the life of a
product which has reached maturity or is in decline can
b.
Spesialisasi versi
c.
Edisi terbaru
d.
Perbaikan yang nyata: peningkatan luas
besarannya
e.
Perubahan kemasan: kemasan yang
berubah/berbeda
f.
Teknologi, dsb.
Extension Strategies
Bisnis
yang ingin memperpanjang umur produk yang telah mencapai kematangan atau penurunan
dapat mengubah satu atau lebih dari bauran pemasaran dengan mengubah
Produk: mengubah Kemasan memperkenalkan versi baru
Harga: mengurangi harga untuk menarik konsumen
Promosi: memperkenalkan kampanye iklan baru
Tempat: perubahan tempat
mana produk itu dapat dibeli, seperi online
Branding/merek
-
produk
yang menggambarkan kepribadian,
-
memperkenalkan
dengan logo, kemasan, periklanan dan fitur lain.
-
Percaya
bahwa ada garansi dari kualitas.
-
Beberapa
brand mememiliki ‘snob value’ atau nilai kebanggan
-
Biasanya
lebih mahal
Brand loyalty
Beberapa
pelanggan setia kepada merek tertentu. Mereka akan membeli merek lagi dan lagi
serta membeli juga produk-produk lain yang terkait.
-
Fairi
washing up liquid
-
Fairy
washing powder
-
Fairy
dishwasher powder
produk hanya dijual ditempat tempat
tertentu, untuk membangun brand pada diri konsumen karna tidak dijual
disembarang tempat. Seeprti minuman dijual ditempat-tempat rekreasi
2.
Price/Harga
Merupakan sejumlah nilai tertentu yang
dipersiapkan untuk membayar produk atau layanan. mengurangi harga
untuk menarik pelanggan -> memperkenalkan versi baru.
Bagaimana
harga yg bagus untuk sebuah produk? Menentukan harga yang tepat merupakan bagian yang sangat penting
bagi marketing mix.
Berapa banyak biaya yang akan dibayar tergantung pada:
Berapa banyak biaya yang akan dibayar tergantung pada:
-
Berapa
banyak biaya yang dikeluarkan untuk membuat produk
-
Berapa
banyak pesaing
-
Meskipun
anda sedang mencoba/menguji produk baru
-
Image
apa yang akan ditimbulkan/dibangun untuk produk anda.
Pengambilan
keputusan
-
Apabila
ingin menyerang pasar maka strateginya adalah harga yang murah. Tetapi dengan
pertimbangan barang yang dikeluarkan harus banyak
-
Harga
yang ditawarkan tidak jauh berbeda
-
Harga
tinggi bisa ditawarkan jika produk anda terlihat lebih baik disbanding pesaing
anda.
Teknik
pemberian harga
-
Time
based : Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memproduksi
-
Cost
plus: berapa laba yang diharapkan
-
Start
up penetration pracing: Jika barang baru, bagaimana bisa melakukan
penetrasi
-
Of the
top or price skimming: barang yang asiknya cuma sementara, 2-3 hari.
-
Destroyer:
membeli produk dengan harga yang sangat murah
-
Market-oriented:
siapa yang menjadi sasaran pasar membeli produk dengan harga yang sama dengan
kompetitor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar