Resume Pertemuan Ke-3
Resume Pertemuan Ketiga mata kuliah Manajemen
Pemasaran Jasa Pendidikan Pada Hari Selasa, 3 Maret 2015 oleh Dosen Amril
Muhammad, SE, M.Pd dengan membahas tentang Filosofi Manajemen Pemasaran dan
Konsep Dasar Jasa.
Filosofi Manajemen Pemasaran
1.
Konsep Produksi
Bahwa konsumen akan menyukai produk yang
tersedia dimana-mana dan harganya terjangkau serta manajemen harus berusaha
keras untuk mempunyai alat atau teknologi untuk memproduksi produknya.
2.
Konsep Produk
Bahwa konsumen akan menyukai produk bermutu
terbaik dan sifat paling inovatif dan bahwa organisasi harus mencurahkan energi
untuk terus menerus melakukan perbaikan produk.
3.
Konsep Penjualan
Bahwa konsumen akan membeli produk organisasi
apabila konsumen dapat memperoleh barang dengam mudah dimanapun seperti
onlineshop, counter dan sebagainya dan organisasi mengadakan usaha penjualan
dan promosi
4.
Konsep Pemasaran
Manajemen pemasaran ini berkeyakinan bahwa
pencapaian sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan
pasar sasaran dan penyampaian kepuasan.
5.
Konsep Pemasaran Berwawasan Social
Bahwa organisasi harus menentukan kebutuhan,
keinginan dan minat pasar serta menyerahkan kepuasan dengan cara yang bersifat
memelihara atau memperbaiki kesejahteraan konsumen dan masyarakat. konsep ini
mengajak organisasi membangun pertimbnagan social dan etika dalam praktek
pemasaran mereka. hal ini agar dapat menyeimbangkan dan meyelaraskan 3 faktor
yang penting yaitu: laba perusahaan, pemuas keinginan konsumen dan kepentingan
public
Konsep
Dasar Jasa
Pengertian
Jasa
- Jasa adalah semua aktivitas ekonomi yang
keluarannya bukan bentuk fisik yang secara umum jasa dikonsumsi bersamaan saat
produksi dan memberikan/menyediakan nilai tambah (kenyamanan, hiburan, merasa
sehat).
- kotler (1996):
Jasa
adalah setiap kegiatan atau manfaat bahwa satu pihak dapat menawarkan ke yang
lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan
apapun. produksinya mungkin atau tidak mungkin dikaitkan dengan suatu produk
fisik tidak terikat pada suatu produk fisik.
Karakteristik
Jasa
Rancangan program
pemasaran yaitu: tidak berwujud (intangibility), tidak dapat dipisahkan
(inspirability), berubah– ubah (variability), mudah lenyap (perishability).
1. Intangibility (Tidak Berwujud)
- Jasa mempunyai sifat tidak berwujud
karena tidak bias dilihat, dirasa, di dengar, didengar, diraba, atau dicium
sebelum ada transaksi pembelian ---> menggambarkan kinerja.
- Pelanggan membeli jasa, bisa dikonsumsi
tapi tidak bisa memiliki.
- Kualitas itu tampak pada: tempat, orang,
bahan-bahan, harga, dan simbol.
- Tugas penyedia jasa: managing the
evidence, tangibilize the intangible. (bagaimana penyedia jasa membuktikan
pengelolaan intangible tersebut) (levit, 1977)
2. Insenparability (Tidak Dapat
Dipisahkan)
- Jasa dijual dahulu, diproduksi, dan
dikonsumsi secara bersamaan.
- Interaksi penyedia dan pelanggan
mempengaruhi hasil jasa.
- Kunci sukses pada kualitas penyedia dan
keterlibatan pelanggan.
- Fasilitas pendukung dan pemilihan lokasi
penyediaan jasa menjadi pertimbangan utama pelanggan.
3. Variability (Berubah – Ubah)
- Bentuknya tidak standar --->
bervariasi bentuk, kualitas, jenis.
- Penyebabnya: kerjasama pelanggan,
motivasi, penyedia layanan, beban kerja perusahaan. (boove, houston dan till,
1955)
- Upaya untuk menjaga kualitas: investasi
personil, standarisasi proses, memantau kepuasan pelanggan.
- costumization: desain kebutuhan
pelanggan.
4. Perishability (Mudah Lenyap)
- Komoditas jasa tak tahan lama, tidak
dapat disimpan.
- Bisa disimpan dalam bentuk reservasi.
- Permintaan pelanggan bervariasi
dipengaruhi musim.
Kunci
Sukses Jasa
- proses pembaharuan jenis jasa
- localizing the pointà
of service system. (lokalisasi titik sistem pelayanan jasaà
membuka cabang)
- leveraging the service contract. (adanya
kesepakatan)
- using information power strategically. (menggunakan
kekuatan informasi strategi)
- determining the strategic value of a
service business. (nilai-nilai strategis apa yang bisa mempengaruhi jasa
bisnis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar