Resume Pertemuan Ke-2
Resume Pertemuan Kedua mata kuliah Manajemen
Pemasaran Jasa Pendidikan Pada Hari Selasa, 17 Februari 2015 oleh Dosen Amril
Muhammad, SE, M.Pd dengan membahas tentang Pentingnya Belajar Pemasaran Dan
Konsep Dasar Pemasaran
Mengapa harus belajar pemasaran?
1. Banyak faktor kontribusi
perusahaan untuk membuat bisnis sukses, yaitu fokus utama kepelanggaan apa yang
dibutuhkan dan punya komitmen yang kuat dalam bidang marketing.
Jadi, organisasi
memiliki komitmen besar terhadap kepuasan pelanggan, dan kebutuhan pelanggan
lebih diutamakan dari kebutuhan internal organisasi. Salah satu cara untuk
menunjukkan komitmen itu adalah menjadikan fokus pada pelanggan sebagai faktor
utama. Karena pelanggan suatu
perusahaan adalah orang yang membeli dan menggunakan produknya. Pelanggan
tersebut merupakan orang yang berinteraksi dengan perusahaan setelah proses
mengahasilkan produk.
2. Perusahaan berbagi untuk memberikan dedikasi
untuk mengerti dan memuaskan konsumen pada sasaran pasar
Jadi, Karena fokus utama perusahaan adalah
pelanggan, jadi perusahaan harus mengetahui dan memahami faktor-faktor yang
berhubungan dengan kepuasan pelanggan
3. Memotivasi setiap orang diorganisasi untuk memproduksi
produk yang unggul (superior value), menjadi pemimpin untuk bersaing pada level
tertinggi.
Misalnya suatu perusahaan
yang berhasil memotivasi karyawannya dengan menggunakan teknologi komputer dan
pemakaian internet sehingga dapat membuka kesempatan bagi karyawan untuk
melakukan berbagai inovasi. Internet disiapkan untuk memberikan pelayanan prima
kepada pelanggan. Dengan penggunaan teknologi perusahaan dapat mempertahankan
bahkan meningkatkan layanan baik layanan informasi maupun produk kepada
pelangganya sehingga pelanggan merasa puas terhadap layanan yang diberikan.
Apa
itu pemasaran?
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan
manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan
mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu
sama lain.
Mengapa
pemasaran sebuah proses sosial? Karena yang dihadapi
adalah seseorang/pelanggan jadi pada pelanggan harus saling melakukan hubungan
interaksi dan komunikasi
dan
mengapa proses manajerial? Karena proses yang direncanakan.
-
Kebutuhan: karena hidup merasa kekurangan.
-
Keinginan: diambil oleh kebutuhan manusia sebagai bentukkebudayaan dan kepribadian individu.
Yang
dipasarkan dalam proses marketing adalah produk.
Produk merupakan sesuatu yang dapat
ditawarkan oleh produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli,
digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan
pasar yang bersangkutan. Produk yang ditawarkan tersebut meliputi barang fisik,
jasa, orang atau pribadi, tempat, organisasi.
Jadi, produk bisa berupa manfaat good (tangible/bisa
dilihat) seperti barang maupun services (intangible/tidak bisa dilihat) seperti
jasa yang dapat memuaskan pelanggan.
Konsep Pemasaran :
-
Nilai,
-
Kepuasan,
-
Kualitas,
-
Pertukaran,
-
Adanya kesepakatan,
-
Hubungan / koneksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar