Jumat, 13 Maret 2015

Pentingnya Belajar Pemasaran Dan Konsep Dasar Pemasaran

Resume Pertemuan Ke-2

Resume Pertemuan Kedua mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Pada Hari Selasa, 17 Februari 2015 oleh Dosen Amril Muhammad, SE, M.Pd dengan membahas tentang Pentingnya Belajar Pemasaran Dan Konsep Dasar Pemasaran

Mengapa harus belajar pemasaran?
1. Banyak faktor kontribusi perusahaan untuk membuat bisnis sukses, yaitu fokus utama kepelanggaan apa yang dibutuhkan dan punya komitmen yang kuat dalam bidang marketing.
Jadi, organisasi memiliki komitmen besar terhadap kepuasan pelanggan, dan kebutuhan pelanggan lebih diutamakan dari kebutuhan internal organisasi. Salah satu cara untuk menunjukkan komitmen itu adalah menjadikan fokus pada pelanggan sebagai faktor utama. Karena pelanggan suatu perusahaan adalah orang yang membeli dan menggunakan produknya. Pelanggan tersebut merupakan orang yang berinteraksi dengan perusahaan setelah proses mengahasilkan produk. 
2. Perusahaan berbagi untuk memberikan dedikasi untuk mengerti dan memuaskan konsumen pada sasaran pasar
Jadi, Karena fokus utama perusahaan adalah pelanggan, jadi perusahaan harus mengetahui dan memahami faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan
3. Memotivasi setiap orang diorganisasi untuk memproduksi produk yang unggul (superior value), menjadi pemimpin untuk bersaing pada level tertinggi.
Misalnya suatu perusahaan yang berhasil memotivasi karyawannya dengan menggunakan teknologi komputer dan pemakaian internet sehingga dapat membuka kesempatan bagi karyawan untuk melakukan berbagai inovasi. Internet disiapkan untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. Dengan penggunaan teknologi perusahaan dapat mempertahankan bahkan meningkatkan layanan baik layanan informasi maupun produk kepada pelangganya sehingga pelanggan merasa puas terhadap layanan yang diberikan.


Apa itu pemasaran?
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.
Mengapa pemasaran sebuah proses sosial? Karena yang dihadapi adalah seseorang/pelanggan jadi pada pelanggan harus saling melakukan hubungan interaksi dan komunikasi
dan mengapa proses manajerial? Karena proses yang direncanakan.
-          Kebutuhan: karena hidup merasa kekurangan.
-          Keinginan: diambil oleh kebutuhan manusia sebagai bentukkebudayaan dan kepribadian individu.


Yang dipasarkan dalam proses marketing adalah produk.
Produk merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan oleh produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan. Produk yang ditawarkan tersebut meliputi barang fisik, jasa, orang atau pribadi, tempat, organisasi.
Jadi, produk bisa berupa manfaat good (tangible/bisa dilihat) seperti barang maupun services (intangible/tidak bisa dilihat) seperti jasa yang dapat memuaskan pelanggan.

Konsep Pemasaran :
-          Nilai,
-          Kepuasan,
-          Kualitas,
-          Pertukaran,
-          Adanya kesepakatan,
-          Hubungan / koneksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar