Pada hari Selasa, Tanggal 5
Mei 2015. Kami melakukan kegiatan Outing Class Manajemen Pemasaran Jasa. Outing
class diadakan di tempat makan yang bernama Ayam Kremes Kraton (AKK) yang
terletak di Jalan Utan Kayu. Kegiatan Outing class ini bertujuan agar
dapat mengetahui implementasia nyata dalam bidang manajemen pemasaran pada
suatu perusahaan dengan itu kita dapat membandingkan materi yang kita dapat
dikelas dengan implementasi nyata dilapangan. Berikut analisis outing class
mengenai segmentasi:
Segmentasi pasar adalah suatu proses membagi
pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik
yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli. Dalam hai ini variable yang
akan dipilih untuk mensegmentasi pasar Rumah Makan Ayam Kremes Keraton dengan
menggunakan karakteristik konsumen yaitu:
1.
Segmentasi
geografik
Rumah Makan Ayam Kremes berada di 5 daerah yaitu di
daerah Utan Kayu, Sunter, Gading Batavia, Tebet, dan Boulevard Kelapa Gading. AKK didirikan di dipinngir jalan yang
merupakan lokasi yang strategis yang bisa dijangkau oleh semua pihak, yang
didirikan di sekitar daerah Jakarta.
2.
Segmentasi
demografik
AKK diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin menikmati makanan ayam
kremes. Karena AKK memiliki 4 rasa sambal yakni sambal bawang, sambal
terasi, sambal hijau, dan sambal penyet yang dapat dinikmati oleh semua
golongan yang ada diindonesia dan semua produk AKK disediakan dalam bentuk
paket sehingga harganya lebih murah jadi dapat dijangkau oleh semua kalangan
dan AKK hadir dengan menawarkan
harga yang lebih terjangkau sehingga memungkinkan banyak perkantoran yang bisa
menjadi pelanggan untuk konsumsi jika mengadakan suatu acara.
3.
Segmentasi
psikografik
Untuk
segmentasi psikografik, sasaran AKK adalah dari segala tingkatan gaya hidup.
Tidak ada segmentasi untuk gaya hidup suatu golongan, karena AKK diperuntukkan
bagi siapa saja yang ingin menikmati ayam kremes.
ANALISIS
SWOT
1. Kelebihan:
- AKK
didirikan di dipinngir jalan yang merupakan lokasi yang strategis yang bisa
dijangkau oleh semua pihak, yang didirikan di sekitar daerah Jakarta.
- Memiliki
4
rasa sambal yakni sambal bawang, sambal terasi, sambal hijau, dan sambal penyet
yang dapat dinikmati oleh semua golongan yang ada diindonesia
- Semua produk AKK disediakan dalam bentuk
paket sehingga harganya lebih murah jadi dapat dinikmati oleh semua kalangan.
- Sasaran
AKK adalah dari segala tingkatan gaya hidup. Tidak ada segmentasi untuk gaya
hidup suatu golongan, karena AKK diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin
menikmati ayam kremes.
2. Kelemahan:
- Pada
saat konsumen ingin membeli salah satu paket dan ada bagian dari paket yang
tidak tersedia jadi AKK tidak menyiapkan semua bagian dari paket seharusnya AKK
lebih memikirkan kesiapan dan sudah mempertimbangkan adanya paket tersebut.
Jadi kalo tidak mampu menyiapkan seharusnya paket tersebut diminamalisir
bagiannya atau ditiadakan karena dapat menciptakan citra negatif dimata
konsumen.
- 4 macam
sambal di AKK disediakan dimeja pelanggan dengan menggunakan tempat yang
sewaktu-waktu salah satu dari macam sambal tersebut bisa habis dan konsumen
tidak dapat menikmatinya kondisi tersebut tidak efisien. Jadi sebaiknya sambal
disediakan sesuai permintaan konsumen pada saat memesan makanan saja agar
mengurangi hal-hal kehabisan sambal pada waktu ingin dinikmati dan dapat lebih
efisien.
3. Peluang:
- AKK hadir dengan menawarkan harga yang lebih terjangkau. Maka
banyak perkantoran yang bisa menjadi pelanggan untuk konsumsi jika mengadakan
suatu acara.
4. Ancaman:
- Adanya pesaing yang sama menawarkan produk ayam
kremes.
- Kebutuhan
pelanggan yang tidak dipenuhi seperti yang tidak semua bagian paket tersedia
Solusi
terhadap ancaman tersebut: AKK lebih meningkatkan proses promosi tidak hanya
secara langsung tetapi secara tidak langsung seperti menyebarkan brosur dan
mamasang spanduk, menambah varians produk tidak hanya ayam kremes, menyiapkan
semua paket yang tersedia untuk konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar