Senin, 25 Mei 2015

Analisa Outing Class

Pada hari Selasa, Tanggal 5 Mei 2015. Kami melakukan kegiatan Outing Class Manajemen Pemasaran Jasa. Outing class diadakan di tempat makan yang bernama Ayam Kremes Kraton (AKK) yang terletak di Jalan Utan Kayu. Kegiatan Outing class  ini bertujuan agar dapat mengetahui implementasia nyata dalam bidang manajemen pemasaran pada suatu perusahaan dengan itu kita dapat membandingkan materi yang kita dapat dikelas dengan implementasi nyata dilapangan. Berikut analisis outing class mengenai segmentasi:
Segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli. Dalam hai ini variable yang akan dipilih untuk mensegmentasi pasar Rumah Makan Ayam Kremes Keraton dengan menggunakan karakteristik konsumen yaitu:
1.      Segmentasi geografik
Rumah Makan Ayam Kremes berada di 5 daerah yaitu di daerah Utan Kayu, Sunter, Gading Batavia, Tebet, dan Boulevard Kelapa Gading. AKK didirikan di dipinngir jalan yang merupakan lokasi yang strategis yang bisa dijangkau oleh semua pihak, yang didirikan di sekitar daerah Jakarta.

2.      Segmentasi demografik
AKK diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin menikmati makanan ayam kremes. Karena AKK memiliki 4 rasa sambal yakni sambal bawang, sambal terasi, sambal hijau, dan sambal penyet yang dapat dinikmati oleh semua golongan yang ada diindonesia dan semua produk AKK disediakan dalam bentuk paket sehingga harganya lebih murah jadi dapat dijangkau oleh semua kalangan dan AKK hadir dengan menawarkan harga yang lebih terjangkau sehingga memungkinkan banyak perkantoran yang bisa menjadi pelanggan untuk konsumsi jika mengadakan suatu acara. 

3.      Segmentasi psikografik
Untuk segmentasi psikografik, sasaran AKK adalah dari segala tingkatan gaya hidup. Tidak ada segmentasi untuk gaya hidup suatu golongan, karena AKK diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin menikmati ayam kremes.

ANALISIS SWOT
1.      Kelebihan:
- AKK didirikan di dipinngir jalan yang merupakan lokasi yang strategis yang bisa dijangkau oleh semua pihak, yang didirikan di sekitar daerah Jakarta.
Memiliki 4 rasa sambal yakni sambal bawang, sambal terasi, sambal hijau, dan sambal penyet yang dapat dinikmati oleh semua golongan yang ada diindonesia
- Semua produk AKK disediakan dalam bentuk paket sehingga harganya lebih murah jadi dapat dinikmati oleh semua kalangan.
- Sasaran AKK adalah dari segala tingkatan gaya hidup. Tidak ada segmentasi untuk gaya hidup suatu golongan, karena AKK diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin menikmati ayam kremes.

2.      Kelemahan:
Pada saat konsumen ingin membeli salah satu paket dan ada bagian dari paket yang tidak tersedia jadi AKK tidak menyiapkan semua bagian dari paket seharusnya AKK lebih memikirkan kesiapan dan sudah mempertimbangkan adanya paket tersebut. Jadi kalo tidak mampu menyiapkan seharusnya paket tersebut diminamalisir bagiannya atau ditiadakan karena dapat menciptakan citra negatif dimata konsumen.
- 4 macam sambal di AKK disediakan dimeja pelanggan dengan menggunakan tempat yang sewaktu-waktu salah satu dari macam sambal tersebut bisa habis dan konsumen tidak dapat menikmatinya kondisi tersebut tidak efisien. Jadi sebaiknya sambal disediakan sesuai permintaan konsumen pada saat memesan makanan saja agar mengurangi hal-hal kehabisan sambal pada waktu ingin dinikmati dan dapat lebih efisien.

3.      Peluang:
AKK hadir dengan menawarkan harga yang lebih terjangkau. Maka banyak perkantoran yang bisa menjadi pelanggan untuk konsumsi jika mengadakan suatu acara.

4.      Ancaman:
Adanya pesaing yang sama menawarkan produk ayam kremes.
- Kebutuhan pelanggan yang tidak dipenuhi seperti yang tidak semua bagian paket tersedia
Solusi terhadap ancaman tersebut: AKK lebih meningkatkan proses promosi tidak hanya secara langsung tetapi secara tidak langsung seperti menyebarkan brosur dan mamasang spanduk, menambah varians produk tidak hanya ayam kremes, menyiapkan semua paket yang tersedia untuk konsumen. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar